Kamis, 14 April 2011

pembangunan daerah

Definisi  perencanaan pembangunan daerah
Suatu usaha yang sistematik dari berbagai pelaku baik umum, pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat lainnya pada tingkatan yang berbeda untuk menghadapi saling ketergantungan dan keterkaitan aspek fisik, social ekonomi dan aspek lingkungan lainnya dengan cara :
v Secara terus menerus menganalisis kondisi  dan pelaksanaan pembangunan daerah
v Merumuskan tujuan dan kebijakan daerah
v Menyusun konsep strategi bagi pemecahan masalah, dan
v Melaksanakannya dengan menggunakan sumber daya yang tersedia
Sehingga peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah dapat ditangkap secara berkelanjutan.

Tujuan pembangunan
Ø Mengurangi disparitas atau ketimpangan pembangunan antar daerah dan antar sub daerah serta antar warga masyarakat
Ø Memberdayakan masyarakat dan mengentaskam kemiskinan
Ø Menciptakan atau menambah lapangan kerja
Ø Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat daerah
Ø Mempertahankan atau menjaga kelestarian sumber daya alam agar bermanfaat bagi generasi sekarang dan generasi masa dating




Analisi daerah
·        Analisi daerah adalah suatu proses pemahaman daerah yang bertujuan untuk memperoleh data dan informasi secara sistematis tentang kondisi lingkungan, fisik, social, ekonomi, budaya, politik, administrasi dan kesimbangan dari suatu daerah yang sedang dikaji dan direncanakan pembangunannya.
·        Tujuan yang menyeluruh dari analisis daerah adalah untuk meningkatkan pemahaman para perencana daerah dan masyarakat tentang situasi kini yang mendasar dan relevan untuk perumusan kebijakan dan pembuatan keputusan bagi pembangunan daerah.
·        Analisi daerah dimulai dengan analisis kondisi kualitatif pembangunan daerah pada saat ini, analisis kuantitatif, hingga pengindetifikasikan persolaan daerah beserta sebab dan akibatnya, serta penggalian potensi daerah yang ada. Hal ini diperlukan untuk merumuskan dan mendefinisikan tujuan, untuk mengevaluasi strtegi atau pilihan dan dampaknya, serta untuk pengambilan keputusan strategi pembangunan yang akan diterapkan.






Kebijakan daerah
§  Kebijakan daerah merupakan prinsip dasar dan arahan yang akan di terapkan dan di tempuh serta disepakati pelaku yang terlibat sehingga menjadi pedoman bagi semua pelaku.
§  Kebijakan daerah diperlukan sebagai criteria atau rambu-rambu di dalam menyeleksi dan menyaring berbagai opsi dan alternative atau usulan program pembangunan yang tersedia.
§  Biasanya berupa pernyataan cita-cita atau harapan di masa mendatang serta arah pembangunan tersebut aakan menuju.
§  Kebijakan daerah biasanya disajikakn dalam bentuk visi, misi, tujuan, sasaran, arah, prioritas dan strategi mum pembangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar